Kategori

Santai Pantai Pulau Sempu, Jawa Timur

Tulisan kali ini Kalem bakal cerita catper (catetan perjalanan) ke Jawa Timur. Kemana aja Kalem pergi? Pulau Sempu dan Gunung Semeru!! Di halaman ini Kalem ceritain catper Pulau Sempu dulu ya.

8 Mei 2013

Jam 11:00 sehabis kuliah mampir ****mart buat beli logistik, dsb. Langsung packing segala macem perlengkapan,dll. Malemnya Kalem sama salah satu temen perjalanan (Gilang) berangkat menuju Terminal Banyumanik. Rencana janjian sama tim perjalanan jam 19.00 harus udah ada di Terminal Banyumanik. Total tim kita berangkat 7 orang waktu itu. Sampai di Terminal Banyumanik, bis yg akan dinaikin (PO. Handoyo) dengan tiket Rp 90.000 belum kelihatan. Kita nongkrong dulu di warung nasi kucing Terminal Banyumanik sembari nunggu bisnya dateng. Ga lama temen seperjalanan Kalem pada dateng. Lengkap sudah tim Kalem, minus 1 orang yang perjalanannya start dari Jakarta.

Jam 20:00 bis masuk terminal. Ternyata banyak juga traveller mahasiswa yang tujuannya sama kaya tim Kalem. Hampir rata - rata mahasiswa Undip yang baru aja selesai ujian tengah semester. Bis berangkat dari terminal, saatnya tidur.

9 Mei 2013

Jam 02:00 transit makan di rumah makan Kurnia yg berlokasi di Jalan Raya Solo – Slawi.

Jam 06:10 melintas di Kebun Raya Purwodadi.

Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur

Fyi, Ini bukan Purwodadi di lingkup Jawa Tengah ya. Ini Purwodadi di lingkup Jalan Raya Surabaya Malang, Purwodadi, Pasuruan.

Jam 06:50 sampai di Teminal Arjosari. Ok di sini kita berpisah sama rombongan traveller yg satu bis bareng kita dari Semarang.

Terminal Arjosari

Mari membaca situasi sekitar Terminal Arjosari. Para calo sudah mulai bekerja semenjak bis datang dan menurunkan penumpang. Ada yg kena Rp 150.000 sekali berangkat ke Sendang Biru (Pulau Sempu). Ada yg kena Rp 100.000 sekali berangkat ke Tumpang (Gunung Semeru). Waktu itu tawaran awal calo adalah Rp 500.000 bolak – balik alias PP alias pulang pergi. Terserah mau pilih yang mana, sesuaikan dengan kantong dan skil nego kalian.

Ok, karena kurangnya koordinasi antara rombongan kita yg berangkat dari Semarang dengan yang berangkat dari Jakarta. Jadilah kita menunggu di sekitar Terminal Arjosari untuk sementara waktu biar kumpul jadi satu tim. Gimana kita habisin beberapa jam buat nunggu? Kita keluar dari Terminal Arjosari dan menuju Pom Bensin yg ada di sisi kiri terminal. Ternyata di pom bensin juga banyak anak2 bolang yg lagi tawar – menawar angkot carteran.

Di belakang mushola pom bensin kita nggembel ga jelas selama beberapa jam. Di sini masih blum jelas temen kita yang dari Jakarta (Bang Yuli) sampek mana perjalananya. Fiqi yg nyoba ngehubungi Bang Yuli dilema antara mau nunggu atau ninggal langsung berangkat Pulau Sempu.

Pom Bensin dekat Terminal Arjosari

Jam  08:35 kita nyari sarapan. Keluar dari pom bensin dan melipir ke sisi kiri pom bensin. Ngikutin jalan dan nemu Indomart yg sekaligus ada warung di depannya. Disitulah kita makan enak dengan menu penyetan. Lupa harganya berapa. Yang jelas di bawah Rp 7000 (minumnya air putih)

Sarapan Penyet Tahu Tempe

Nongkrong disitu untuk waktu yang lama. Ngabisin waktu mulai maen catur, baca koran, tidur, bangun lagi, terus tidur lagi sampe jam 13:15. Karena udah terlalu lama di warung tapi ga mesen makan lagi. Akhirnya kita putusin buat pindah lagi ke pom bensin sekalian solat dhuhur. Sehabis solat dhuhur pun kita masih nunggu Bang Yuli. Akhirnya kita putusin ninggal dia setelah ngelakuin teknik negoisasi antara Fiqi dan Bang Yuli via telepon.

Jam 16:00 kita berangkat dari pom bensin dekat Terminal Arjosari pakai angkot carteran, biaya Rp 175.000 sekali berangkat ke Sendang Biru.

Angkot carteran ke Sendang Biru

Perjalanan dari Terminal Arjosari ke Sendang Biru rata-rata butuh waktu kurang lebih 2,5 jam. Saran Kalem, waktu nyari angkot/kendaraan carteran. Sebaiknya cek lagi fisik kendaraannya. Kenapa?

Angkot mogok tengah jalan

Jam 17:45 kita mesti berhenti di perjalanan gara2 mobilnya keluar asep! Iya beneran asep dari bawah jok samping sopir. Ternyata air radiatornya ga nyedot dari tabung cadangannya. Alhasil mobilnya kepanasan dan ngeluarin asep plus bau sangit untuk beberapa saat. Panik attack pas nyium bau sangit gosong. Kalem pikir ada pocong lewat. Pas ngeliat asep langsung buka pintu terus otomatis pada keluar mobil semua. Sekitar 10 menit buat ngademin mesin yang overheat baru kemudian bisa lanjut jalan lagi. Jalanan gelap, berliku-liku dan nanjak.

Jam 18:55 Sampek di Sendang Biru. Di sambut dengan pasir pantai yg lembut tapi kasar. Terus mau ngapain kita? Ternyata Bang Yuli lagi otw dari Terminal Arjosari ke Sendang Biru. Yaudah akhirnya kita nunggu dia dulu. Di depan mushola Sendang Biru kita nongkrong, tidur, makan bakso dan tidur lagi. Para bolang lain juga ngelakuin hal yang sama.

Mushola Sendang Biru

Masih dalam mode menunggu Bang Yuli. Fiqi dan Ocim nyoba nyari kapal yang mau nyebrangin kesana malem-malem. Tolong dicatat, penyeberangan terkakhir dari Sendang Biru ke Pulau Sempu itu jam 17:00. Walaupun tahu begitu, kita masih aja usaha nyari yang ilegal. Siapa tahu ada nelayan yang mau nyebrangin dan ternyata emang gada. Tetep harus nunggu besok pagi. Penyebrangan paling pagi itu jam 05:00 atau sehabis subuh.

Akhirnya Bang Yuli dateng. Spesial khusus bawa mobil carteran sendiri yang isinya cuma dia. Kerasa laper, kita cari makan di sekitar. Ada banyak tenda warung di sekitar KUD Mina Jaya. Mulai dari sate, nasi goreng, dll. Fyi, es jeruk di sini mantep rasanya. Jos rekomended!

Habis makan terus ngantuk. Akhirnya kita dapet tempat buat tidur ala kadarnya, yang penting bisa tidur. Kita tidur di teras depan warung samping KUD Mina Jaya. Karena tempatnya ga nyaman buat tidur, kita maen kartu dulu aja buat nina bobokin mata kita.

10 Mei 2013:

Jam tangan nunjukin waktu 01:45 dan kita masih maen kartu (poker).

Warung tempat istirahat dan main kartu

Sekitar jam 03:00 kita mutusin buat nyerah maen kartu karena mata udah sangat berat dipaksain buat melek. Nyari tempat tidur? Saking males dan ngantuknya yaudah tidur di meja depan warung itu sekalian.

Sehabis subuh kita packing dan siap2 nyebrang ke Pulau Sempu! Pertama, kita menuju rumah nelayan yang mau kita carter kapalnya. Oia, sedikit cerita. Pulau Sempu itu masuk cagar alam. Jadi masih ada macan, dan binatang-binatang yang mau punah lainnya. Nah, di rumah nelayan yang mau nyebrangin kita itu ternyata ada elang yang udah nyaman nongkrong di halaman rumah. Serasa pengen elus2.

Elang di Sendang Biru

Fyi, itu elang tanpa di tali. Dari info orang sekitar, kalau dia udah di kasi makan (ikan,daging,dsb) dia langsung terbang buat jalan2. Tapi kalo ntar laper dia balik lagi. Mungkin karena udah kelamaan di tangkar. Akhirnya susah nyari makan sendiri alias ga bisa mandiri. Lanjut cerita, kita gak nyebrang lewat dermaga resminya. Kita nyebrang lewat dermaga Pasar Ikan Sendang Biru. Karena rumah nelayan yang kita booking deket situ. Kalian bisa belanja ikan segar dulu buat masak di Pulau Sempu nanti.

Pasar Ikan Sendang Biru

Dermaga Pasar Ikan Sendang Biru

Dermaga Pasar Ikan Sendang Biru jam 05:48
Dermaga Pasar Ikan Sendang Biru Jam 05:48

Kapal atau perahu kecil ini cuma bisa muat orang max 8-11 orang. Biayanya Rp 100.000 ( PP ). Lama nyebrang kurang lebih 12,5 menit. Selama perjalanan nyebrang kita bisa ngeliat lumba2, gurita besar, penyu, buaya, ikan layang2, tapi boong. Saran sih, mending berangkat paling pagi jadi kapal ga perlu antri sama kapal2 lain buat masuk pulaunya.

Kapal Menuju Pulau Sempu

View Sendang Biru Dari Kapal Menuju Pulau Sempu

Touch down Pulau Sempu! saran Kalem, kalau bisa kalian pakai celana pendek karena turun dari kapal ga langsung pasir pantai melainkan air laut diatas mata kaki.

Touchdown Pulau Sempu

Beruntungnya kita, kondisi jalan menuju lokasi pantai tersembunyi yang mau kita tuju gak lagi becek / banjir. Kalau pas lagi banjir atau deres2nya hujan. Siap2 kaki mbelesek ke dalem lumpur sampai mungkin sandalmu ga bisa ditarik dari dalem. Medan menuju pantai yang kita tuju hampir mirip hutan pada umumnya. Masih ijo dan dipenuhi pohon dan taneman yg lebat.

Track Pulau Sempu

Kurang lebih perjalan 45 menit karena rombongan kita ini cuma bawa satu cariel buat logistik disana untuk setengah hari saja, ga pake acara nge camp di Pulau Sempu. Karena setelah Pulau Sempu, kita masih lanjut lagi ke Pendakian Gunung Semeru. Sampai di pantai udah banyak tenda para bolang bejejer-jejer madetin pantainya. Banyak juga bolang-bolang yang maen air pantainya.

Pantai Tersembunyi Pulau Sempu
Pantai Tersembunyi di Pulau Sempu

Agung langsung ngajak Kalem naik karang yang langsung menghadap Samudra Hindia. Kalem gambarin dulu nih. Jadi ada spot di Pulau Sempu dimana kita bisa ke spot itu dengan ngelewatin sedikit tanjakan dan ngelewatin taneman-taneman berduri. Itu tempat dari batu karang gede. Lebih tepatnya tebing karang gede. Jadi intinya bawah tebing karang itu adalah laut Samudera Hindia dimana kalau kambing jatuh dari tebing ke Samudra Hindia kemungkinan nyawanya ilang karena gempuran ombak sama karang2 laut adalah 98%. Nah, Kalem dan Agung ga ngeliat sikon tebing karang dan sekitarnya tapi malah langsung naik aja kesitu.

Tebing Karang Pulau Sempu

Di depan Kalem itu adalah jurang alias tebing setinggi 12 meteran dan ombaknya bisa naik sampai setinggi Kalem. Jadi tolong dengan sangat. Tolong untuk hati2 kalau berada di tempat ini. Jangan foto di tempat ini karena kalian ga akan tau kapan ombak tertinggi (H1) bakal dateng. Kalem ceritain musibah yg Kalem dan Agung alami. Jadi waktu Kalem lagi motoin Agung. Selang 2 detik kemudian ombak setinggi lebih dari kepala Agung dateng. Langsung nyeret kita berdua. Ombak langsung nerpa kaki sampai buat jatuh dan nyeret badan kita sejauh kurang lebih 4 meter. Kalem ga bisa ngeliat apa2 kecuali air dan suara grucuk2 aer di sekitar telinga selama kurang lebih 4 detik. Antara pemikiran mati atau hidup. Ga bisa ngelawan ataupun berontak. Kalem keseret dengan posisi camdig masih ngalung di pergelangan tangan Kalem. Ga bisa ngelawan, cuma pasrah dengan tangan nyoba meraba nyari pegangan. Peristiwa itu memakan korban antara lain 2 handphone plus 1 camdig punya Kalem dan 1 handphone soner mahal punya agung. Disini suasana pantai langsung hening sesaat. Orang2 yg lagi pada di pantai sisi deket tebing karang pada nengadah ke atas ngeliatin Kalem sama Agung yg lagi berusaha berdiri dengan kondisi udah sangat basah kuyup. Kita berdua berhasil menyita perhatian separuh pantai dan jadi artis sesaat. Gak lama langsung ada guide yg teriak2 ke kita dengan sedikit. “Mas! Mas! Mas! Cepet turun mas! Yang diatas sana juga turun (sambil nunjuk2 org2 yg ada di sisi tebing laenya). Ati2! Kalau udah siang ombaknya bahaya! Ati2 cepet turun mas!”

Alhamdulillah masih hidup dan ga ada cacat. Disini lutut Kalem lecet dan bengkak. Celana pendek yg Kalem pake sobek di bagian lutut gara2 gesekan sama karang. Tangan kiri Kalem lecet + ngelupas kulitnya di 3 titik. Didekatkan kematian itu pengalaman yang berharga.

Kaki Korban Ombak Samudera Hindia di Pulau Sempu

Ga mau belajar dari kesalahan Kalem dan Agung. Temen2 perjalanan malah tetep nongkrong di tebing karangnya.

Tebing Karang Pulau Sempu

Hati ya buat kalian yg mau kesana. Jangan nantang tepi tebing. Selesai dari tebing, kita maen di pantai. Maen air laut itu emang bisa buat lupa waktu dan luka. Bengkak sama nyeri di lutut pun bisa ga berasa.

Capek dan laper karena. Kita bakar ikan yang beli di Pasar Ikan Sendang Biru buat makan.

Ikan Bakar di Pulau Sempu

Saran dari Kalem, waktu touch down di lokasi pantai Pulau Sempu. Lebih baik pilih tempat yang agak jauh dari air laut. Kalian ga akan tau kapan airnya pasang. Baterai hape yg Kalem jemur aja bisa ke seret ombak dan ilang. Oia, juga jangan pilih tempat yang deket jalan ke tebing batu karang gede. Air ombak samudra hindia yang tinggi bisa ngelimpas ngelewatin batu karang terus nyiram tenda plus barang2 kalian.

Sekitar jam 10:00. Kita mulai packing buat pamitan sama Pulau Sempu. See u next time! Mari pulang. Sampailah di lokasi nunggu kapal ntah itu jam berapa. Ga bisa nyatet gara2 buku catper Kalem basah kuyup. Kapal bookingan ga dateng seperti yang di janjikan (sebelum jumatan). Sedangkan kapal bolang2 lainya udah ngangkutin penumpang2nya.

Nunggu Kapal Carteran ke Sendang Biru

Akhirnya Agung mutusin buat numpang kapal bolang lain buat nyari nelayan bookingan kita. Kapal kita akhirnya dateng dan baru tahu kalo ternyata bapak nelayan bookingan kita ketiduran sampai lupa kalau mesti jemput kliennya.

Sampai di Sendang Biru, kita tidur sebentar di warung punya bapak nelayan bookingan kita. mandi besar, ganti baju, makan dan berangkat ke tempat tujuan selanjutnya..

Kita cabut dari Sendang Biru jam 15:00. Oia, sebelum ganti lokasi aku kasi tahu dulu urutan check point buat ke Pulau Sempu.

Semarang – Terminal Arjosari – Sendang Biru – Pulau Sempu

Selesai dari Pulau Sempu, kita lanjut ke Pendakian Gunung Semeru. Berhubung masih ada mobil carteran Bang Yuli, kita berangkat ke tujuan berikutnya pakai mobil tersebut.

Mobil Kijang Merah Carteran

Untuk yang mau baca catatan perjalanan Pendakian Gunung Semeru. Nanti Kalem share catper Pendakian Gunung Semeru.

Oia, sekedar info. kalau butuh alat outdoor macam tenda, sleeping bag, carrier, senter, matras, dsb. Bisa sewa di tempat Kalem. Mampir aja ke Kalemo Rent Outdoor , posisi bisa layani COD di Cisauk & BSD Tangerang.